Senin, 14 Desember 2009

Tips Milih Durian

Musim buah durian tiba lagi. Agar tak salah pilih ketika membeli buah durian ada tips spesial untuk Anda. Mau dong makan durian yang paling enak?




1 Saat pertama melirik durian, Anda boleh lihat dari warnanya. Ciri durian yang sudah matang adalah warna kulitnya yang kuning kecoklat-coklatan. Warna yang terlalu coklat malah tak menjamin durian itu matang. Hati-hati dengan durian yang matang karena terkena karbit.
2. Durian yang sudah tua bisa dilihat dari duri di kulitnya yang sudah jarang-jarang.
3. Aroma durian yang sudah matang biasanya sangat tajam. Semakin matang durian maka aroma alkoholnya makin keras.
4. Walau dari kulitnya terlihat meyakinkan, coba kemudian Anda belah durian itu. Durian yang sudah matang cenderung mudah sekali dibelah.
5. Ujung tangkai buah durian juga bisa menjadi ciri apakah durian itu matang di pohon atau dari karbit. Yaitu jika ujung tangkainya rata berarti durian itu dipotong dari batang pohon sedangkan jika ujungnya tak rata besar kemungkinan durian itu lebih enak karena jatuh sendiri dari pohonnya.
6. Goncang buah durian, jika ada suara "kclok..kclok" berarti buah sudah matang, buah durian ini akan lepas dari cangkang dalam jika sudah matang (manis)...
7. Jika anda membeli dari pedagang "5 Foot" dan ditawarkan untuk mencicipi dari pisau mereka, cobalah untuk membersihkan dahulu pisau mereka, baru mengetes buah yang akan kita beli..karena ada kalanya mereka memberi madu ke ujung pisau untuk mencicipi buah durian yang akan di cicipi.
8. Telitilah akan keadaan kulit durian, jika ada lubang, maka besar kemungkinan buah durian di dalamnya sudah busuk. (tidak bagus untuk di konsumsi)

by setropeloh + me

1 komentar:

  1. salam kenal ya..
    thank's info nya ^_^
    kunjungi juga halaman kami ya
    check it out

    BalasHapus