Rabu, 16 Desember 2009

MENANDAI KEASLIAN MADU


Madu, siapa tak kenal. Banyak khasiat yang bisa didapat dari madu. Masalahnya, kita sering menjumpai ada banyak produk madu. Bagaimana mengetahui keaslian madu?

Jika Anda ingin minum madu, sebaiknya dicampur air seperti halnya minum sirup. Soalnya, zat-zat makanan di dalamnya menjadi lebih mudah diserap. Otomatis akan lebih cepat sampai pembuluh darah yang kemudian mengangkutnya ke jaringan tubuh.

Madu yang diencerkan ini bisa pula untuk berkumur manakala mulut kita sedang meradang. Sebab, madu mengandung senyawa inhibine yang merupakan desinfektan (pelawan infeksi). Lagi pula, madu di dalam mulut tidak menyebabkan kerusakan gigi berkat kemampuannya melawan bakteri penghasil asam laktat. Bahkan madu bisa melindungi lambung dan usus dari penumpukan asam di lambung berkat kemampuannya sebagai basa.

Nah, jika ingin membeli madu tapi ragu-ragu soal keasliannya, berikut tips yang bisa diacu. Tips ini berasal dari Hieronymus Budi Santoso, seorang ahli pertanian (Senior No. 100).
Bila dikocok tidak berbuih.
Bila diteteskan pada kertas koran tidak melebar.
Bila dibakar akan menyala.
Tidak disukai semut.

Konon madu juga bisa mempertahankan kemampuan tubuh manusia lebih lama. Menurut Aristoteles, madu dapat meningkatkan kesehatan dam memperpanjang umur manusia. Pythagoras dan Hypocrates umpamanya. Mereka bisa mencapai umur 90 dan 107 tahun berkat selama hidupnya banyak minum madu.

Anda tertarik?

yds

(intisari-pnline)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar