Senin, 07 Desember 2009

Ramuan Herbal Untuk Anak Anda

Anak balita kerap mengalami sakit karena tubuhnya memang masih rentan terhadap serangan penyakit. Untuk menyembuhkannya yang paling baik adalah melalui cara-cara yang "alami". Berikut adalah beberapa ramuan herbal untuk balita :

1. Air Kelapa Muda dan Kopi.
Dapat digunakan untuk obat muntaber karena air kelapa muda banyak mengandung mineral kalium, yang banyak keluar ketika anak muntaber. Dosisnya tak ada takarannya, terserah anda. Dicampur dengan sedikit kopi, (seujung sendok saja).

2. Jeruk Nipis
Untuk mencairkan dahak dan obat batuk anak. Caranya, campur 1 sendok makan air perasan jeruk nipis, 3 sendok makan madu murni, 5 sendok makan air matang. lalu di tim selama 30 menit. Takaran minum bayi :
1. anak usia 6 bulan - 1 tahun : 2 kali 1/2 sendok teh
2. anak usia 1 - 3 tahun          : 2 kali  1 sendok teh
3. anak usia 4 - 5 tahun          : 2 kali 1 1/2 sendok teh.

3. Ramuan untuk penurun Panas
Parut bawang merah tambahkan minyak telon, lalu balurkan pada punggung sampai bagian pantat sambil sedikit di urut. Juga pusar dan ubun - ubun. Untuk ramuan minum : air kelapa satu cangkir ditambah 1 sendok teh madu , lalu di aduk kemudian di kukus. Setelah dingin, berikan pada anak sebanyak 3 sendok teh setiap 2 jam sekali. Ramuan ini diberikan untuk bayi 8 bulan ke atas. Jika usia anak 8 bulan ke bawah, cukup diberikan ASI., atau ibunya meminum ramuan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar