Rabu, 16 Desember 2009

KOPI TANPA KAFEIN TAK AMAN JUGA LO!

Sebuah penelitian menunjukkan, kopi tanpa kafein pun bisa menyebabkan denyut jantung berdegup lebih keras. Jadi, bukan kafein penyebab jantung berdebar-debar. Bagi penderita darah tinggi, ini sebuah peringatan.

Ada kabar buruk bagi penderita hipertensi yang menggemari kopi tanpa kafein (decaf). Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Roberto Corti dan timnya di Zurich menunjukkan, di dalam kopi bukan kafein yang menyebabkan tekanan darah meningkat. Karena ternyata peminum kopi decaf juga bisa mengalami peningkatan tekanan darah. Artikel di jurnal Circulation yang diterbitkan American Heart Association itu mengatakan kemungkinan ada bahan lain dalam kopi yang berperan dalam menaikkan tensi peminumnya.

"Selama ini, kita menggangap di dalam kopi, kafeinlah yang menimbulkan pengaruh pada sistem kardiovaskuler," kata Dr. Corti. Namun, pada kelompok bukan peminum kopi yang diberikan kopi tanpa kafein, tekanan darahnya justru meningkat. Memang, baru sedikit yang kita ketahui tentang pengaruh minuman stimulan saraf yang paling populer dan banyak dikonsumsi di seluruh dunia itu. Setiap kopi, dengan atau tanpa kafein, akan meningkatkan tekanan darah orang yang tidak terbiasa meminum kopi.

Dalam penelitian itu, Dr. Corti dkk. mengukur tekanan darah, denyut jantung, dan aktivitas saraf simpatis enam orang peminum kopi secara teratur dan sembilan orang yang tidak biasa atau jarang meminum kopi. Selain memberikan minuman kopi biasa dan decaf, Dr. Corti dkk. juga memberikan kafein dan placebo lewat pembuluh vena (intravena).

Hasilnya, justru mereka yang tak terbiasa meminum kopi mengalami peningkatan tekanan darah. Sementara para peminum kopi, meskipun tekanan darah mereka tidak meningkat, aktivitas saraf simpatis mereka meningkat ketika meminum kopi berkafein. Memang, aktivitas saraf simpatis berperan dalam membantu pengaturan tekanan darah. Aktivitas saraf simpatis yang berlebihan berkaitan dengan tekanan darah tinggi.

Mungkin saja para peminum kopi memiliki toleransi terhadap kafein atau bahan lain dalam kopi yang dapat menaikkan tekanan darah. Yang pasti, menurut Dr. Corti, penderita darah tinggi yang disarankan menghindari kafein, sebaiknya juga menghindari kopi decaf.

TST/Bea

(intisari-online)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar