Minggu, 03 Januari 2010

Ku Lacak Kau Sampai ke 'Ujung Dunia'

     Pernah kah anda mendengar tentang pelecehan terhadap umat Muslim dunia, tentang adanya kartunis Nabi Muhammad S.A.W, atau tentang adanya website yang berisi ajakan teror dari Nurdin M Top ?? Sebenarnya yang akan kita utarakan di sini adalah cara Tracing atau melacak dari mana asalnya semua hal tersebut datang.
     Agak sedikit rumit, kita membicarakan IP Address orang tersebut / organisasi yang membuatnya. Bagaimana cara nya?
     Di sini kita bisa menggunakan banyak program baik itu secara On line Trace atau program yang bisa kita unduh terlebih dahulu. Yang akan di bahas sekarang adalah Snort dan VisualRoute, sama - sama program pelacak yang bisa men trace yang empunya IP Address. Dengan snort kita bisa mengetahui 'orang iseng' yang membuat teror atau bahkan men-scan / spy komputer kita..hany dengan melihat IP Address mesin 'orang iseng' pada alert lognya Snort.
    Dari IP Address itu dengan mudah kita bisa dapatkan lokasi komputer iseng dengan trace route yang merupakan salah satu tool footprinting.
   Ada dua tool traceroute grafis, yaitu Neotrace dan Visualroute. Dengan Neotrace kita hanya membutuhkan IP Address orang iseng, dan klik GO, maka akan ditampilkan dimana orang iseng tersebut berada lengkap dengan peta geografisnya. Neotrace juga dapat digunakan untuk mencari lokasi suatu server, cukup mengetikkan server , misalnya : www.kompas.com maka Neotrace akan menampikan perjalanan data dari komputer kita sampai ke server harian, yang ternyata berpusat di Houston, Texas. selain itu juga terdapat map view, list view dan node view.

Sumber : NeoTek.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar