Kamis, 24 November 2011

Monitor Multiple / Tv Menjadi Monitor Kedua

 

                 Pernahkah anda menginginkan sesuatu yang lebih dari biasanya ? Jika anda biasa melihat satu layar monitor di komputer pasti biasa, namun anda menginginkan yang berbeda dari biasanya. Bagaimana jika anda tidak mempunyai monitor lain, kecuali misalnya , hanya sebuah layar televisi sederhana yang mempunyai kabel input RCA (untuk audio dan video). Untuk ringkasnya, menjadikan televisi konvensional anda untuk menjadi monitor kedua / sebagai monitor extention dari layar monitor komputer anda. Ringkasnya, Anda membutuhkan satu kabel untuk menghubungkan monitor kedua tersebut ke layar monitor komputer anda. Untuk output monitor, anda bisa lihat di samping laptop anda ada unit VGA out, kemudian di televisi pasti anda akan melihat input untuk kabel audio dan video. Yang anda butuhkan sekarang adalah sebuah kabel penghubung antara laptop anda dengan layar televisi anda, yaitu kabel VGA to RCA. Sebenarnya banyak sekali yang bisa digunakan untuk menghubungkan monitor televisi anda dengan laptop, jika televisi anda mempunyai Input DVi, maka yang dibutuhkan adalah extention Dvi to VGA konektor. Dan banyak lagi pilihan lain, seperti s-Video, dan seterusnya.

vga to rca-500x500

        Kabel ini bisa anda dapatkan di toko online ataupun toko komputer terdekat. Sekitar 50 ribu atau lebih tergantung panjangnya kabel yang tersedia. Lalu coba hubungkan keduanya, namun terlebih dahulu anda harus melakukan matikan laptop anda dan televisi anda. Setelah itu baru anda hidupkan kembali. Sederhana bukan? Kemudian yang anda harus lakukan adalah melakukan setting pada laptop anda agar komputer mengindentifikasikan layar televisi anda sebagai monitor kedua ataupun monitor tambahan. Untuk settingnya, anda tinggal klik kanan pada area manapun di desktop anda kemudian pilih Properties .

montiro

                      Setelah itu anda pasti akan menemukan satu menu untuk display setting monitor anda, lakukan adjust dan pilih pada multiple monitor, untuk layar televisi anda. Dan lalu pada layar televisi anda, lakukan AV, atau video, seperti menonton DVD, kemudian jika setting berhasil, maka anda akan melihat, sedikit berbeda, yaitu layar laptop anda akan berada di layar televisi anda, setelah itu berarti settingan anda berhasil. Untuk optimalisasi layar televisi sebagai monitor tambahan anda, fungsionalitasnya adalah luas, bisa untuk menonton video ataupun membaca status facebook, intinya Monitor televisi anda kini menjadi monitor kedua dari monitor laptop anda, drag saja menu ataupun apapun yang ada di monitor laptop anda menuju layar monitor kedua anda / televisi, maka karena fungsi multiple monitor ini, drag window dengan mouse saja sudah bisa membuat window application bergeser…. keren kan>?? . Coba dech.

3 komentar:

  1. Salam kenal,
    Saya kan berminat beli kabel VGA to S-video.
    Dan setau saya, kabel S-video itu ya cuma yg bunder dan ber-pin itu. Tapi yg saya liat di bbrp toko & hasil browsing kok tiap kabel S-vid pasti gandeng dengan RGB ya, apa memang spt itu?
    Laptop saya ada port VGA, mau saya sambung ke TV yg ada-nya S-vid di bag samping (ada RGB tapi letaknya di bag belakang TV).
    Lha kalo saya jadi beli kabel tsb, apa memang semua port harus dicolokin atau gimana? Lagipula, dari ukuran kabelnya juga cuma pendek sekali, gimana mengatasinya? Trims jawabannya ya! Sukses selalu.

    BalasHapus
  2. wah terimakasih infonya. saya bookmark dulu, besok saya mau coba :D

    BalasHapus
  3. sya kemarin beli kabel vga to rca... tapi setelah aku coba kok gak bisa yaaaaaaa?? apa harus ada tambahan lain nya??

    BalasHapus