Rabu, 07 Desember 2011

Tips Hindari Hacking

 

                      Pastinya kita menyangka semua yang kita lakukan di internet di komputer pribadi ataupun di komputer di kantor adalah salah satu paling aman, namun pernahkah anda membayangkan ketika seseorang bisa mencuri semua login baik itu username ataupun password dengan begitu mudahnya ?. Jika anda berpikir itu adalah hal tidak mungkin, anda harus merubah pikiran tersebut. Perkembangan teknik mencuri informasi yang ada di hard disk komputer kita adalah salah satu jenis spying, cabang dari hacking. Teknik ini digunakan untuk bisa mencuri informasi, bisa informasi berupa username ataupun password dari semua web yang anda sering login ataupun pernah anda daftarkan, kini teknik tersebut berkembang menjadi spyware, hanya dengan beberapa baris script pemrograman, dan menyebarkannya melalui forum ataupun milist, kemudian seseorang tersebut hanya tinggal menunggu, korban yang terjebak di dalam script, yang secara tidak sadar, telah di mata – matai segala aktivitas loginnya.

guest-account-security

                     Yang saya ingin utarakan di sini adalah sedikit tips untuk bisa menghindari segala bentuk spying ataupun (jika sudah berupa program) spyware:

0. Jika anda sering melakukan transaksi Bank secara On Line, mintalah alat khusus untuk memasukkan karakter seperti pin ataupun password.

1. Rajin – rajinlah untuk mengganti username ataupun password anda di berbagai akun, baik itu email ataupun sosial Networks.

2. Contoh password yang sangat sulit untuk di copykan adalah kombinasi huruf dan angka , lalu di tambah beberapa karakter khusus, seperti !@#$%^&*(+_)(* .

3. Lakukan Update Antivirus di laptop anda ataupun komputer kantor anda.

4. Mintalah seseorang di bagian I.T kantor anda untuk memfilter segala bentuk spyware (mencuri informasi ) ataupun malmware (bersifat mengganggu).

5. Semua yang telah anda lakukan di dunia maya adalah rentan terhadap pencurian informasi, oleh karena itu, Hindari untuk Login ataupun update di Komputer Publik, maaf, seperti : warnet, Free-Wifi, ataupun Distro Internet lainnya. Walaupun terkadang mereka melakukan proteksi dari luar, namun anda sendiri rentan, ketika On Line dengan begitu banyak tipe orang, (yang) notabene kemungkinan ada Hackernya.

               Mudah – mudahan semua yang saya utarakan di atas, bisa membantu anda sekalian untuk terhindar dari segala bentuk pencurian data informasi. Tips ini saya utarakan, untuk mengamankan akun anda dari pencurian ataupun pembobolan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Semoga anda selalu aman di internet, (bukan di jalan aja ya yang gak aman .. hehe).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar