Minggu, 18 September 2011

Fitur Baru Facebook

              Selalu improve, mungkin itu salah satu kata untuk menghindari dari yang namanya ketinggalan atau bahkan hilang dari pasaran. Untuk hal yang sangat kecil tersebut, Facebook menambahkan berbagai fiturnya agar selalu TOP – OF – THE – LINE di dunia virtual khususnya social network. Kemunculan rival terbesarnya yaitu : Google, tak semata – mata membuat down Facebook, pertama kali muncul facebook adalah merupakan campuran berbagai social network dan melengkapinya dengan fitur easy to see n use, awal kali dimulai dari friendster kemudian myspace, facebook merupakan sosial network dengan sangat mudah untuk dilihat dan digunakan. Saat ini keberhasilan tersebut saatnya untuk dipertahankan, fitur terbaru adalah dengan menambahkan fitur –add location pada bawah kotak Update : whats on your mind , kemudian karena perkembangannya sendiri facebook, orang pun sering update dengan seseorang hanya untuk meberitakan bahwa dirinya bersama dengan seseorang. Berikut Klip :

tes

dengan memilih salah satu dari fitur diatas, kita bisa melihat lokasi dan tag (menandai) teman atau pun bahkan dengan sembarang kalimat ,

seperti – di atas kasur, mungkin seperti itu.

      Fitur Lokasi / add location : memungkinkan kita untuk berbagi lokasi kita berada (yang notabene) mematikan salah satu fitur utama dari Foursquare, anehnya fitur ini muncul setelah Google + ada. Artinya bukan hanya untuk mengalakan google + namun facebook mencoba memangkas semua rivalnya di dalam hal yang namanya social network, satu hal yang perlu di garis bawahi dalam hal konten intelektual adalah ide merupakan hak cipta, namun untuk fitur khusus adalah satu point yang perlu di jelaskan secara khusus lagi. fitur lokasi ini akan otomatis menuliskan lokasi mana saja yang sering sekali orang update, jika anda menuliskan salah satu kota, seperti jakarta, maka yang yang muncul setelah kita menuliskan jakarta, akan tertulis seperti : Daerah Khusus Jakarta, ataupun Jakarta, Indonesia.

           Kemudian tag (who you are with?) adalah salah satu  atau secara ringkas dulunya adalah @_ (jika kita menuliskan @ kemudian spasi kemudian nama seseorang) maka yang muncul adalah penandaan teman kita sendiri dan mereka yang mendapatkan tanda ini, secara otomatis akan di beritahu (sepertinya pernah lihat ya? yups … ini merupakan fitur dari Twitter (seperti @kozhe, nama twitter saya) fitur ini digunakan untuk melakukan panggilan terhadap salah satu nama ataupun tag masalah atau topik yang sedang berkembang atau trend topic (seperti #arielkabur ). Facebook tidak menyalahi aturan main dari semua sosial network. Kalaupun ia , pastinya akan banyak sekali tuntutan hukum yang akan menghujani facebook. fitur tag ini melakukan penandaan pada teman / panggilan yang kemudian tertulis pada teman yang anda tandai, tag ini berperan untuk berbagi update dengan seseorang atau pun banyak orang.

           Lalu salah satu fitur lagi adalah posting status untuk : Public atau spesific people, yang merupakan fitur utama dari google + , perbedaannya adalah Google + melakukan hal ini dengan menamakan circle / lingkaran, jadi kita bisa melakukan update hanya untuk lingkaran – lingkaran yang telah kita atur sebelumnya pada saat kita melakukan penambahan teman / add friend. Dengan fitur ini anda akan dimanjakan untuk berbagi status anda ataupun menghilangkan status anda untuk seseorang ataupun grup, ( sebagai sosial network, ternyata fitur “gosip” pada dunia nyata, juga bisa di lakukan disini, hanya untuk menghilangkan postingan status dari orang yang kita inginkan.

           Saat ini fitur terbaru dari Facebook adalah, smart list, yang merupakan salah satu upgraded fitur dari facebook terdahulu untuk mengelompokkan teman – teman kita, hanya saja dengan fitur ini kita di manjakan untuk mengelompokkan teman kita dengan cara yang lebih cepat dan mudah. Kuncinya adalah jika kita melakukan hal ini maka secara otomatis Facebook akan mengelompokkan teman – teman kita dari awal lagi ataupun akan mengirimkan suggestion atau saran kepada kita terhadap orang – orang yang mungkin belum di kelompokkan / lupa di berikan keterangan kelompok.

           Saya pikir perkembangan social network ini hanya berjalan di tempat saja, karena fitur terbaru bukan untuk semua kalangan yang bisa menikmatinya, nota bene, hanya sekelompok orang saja yang sering melakukan online pada komputer pc ataupun notebook. Karena kebanyakkan orang lebih memilih mobile untuk social network, ataupun menggunakan handphone. Seperti fitur RIM pada blackberry, yang memanfaatkan totalitas jaringan internet mobile untuk sekedar bisa melakukan chat online connected. Walaupun baru – baru ini ada layanan facebook mesengger seperti RIm tersebut, namun tidak semua orang bisa melakukannya atau bahkan mengetahui fitur ataupun aplikasi tersebut ada.

     smartlist

Berikut gambaran smart list pada facebook.

     Nah jika anda belum mengetahui fitur apa saja yang ada sekarang di facebook, maka saatnya anda melakukan upgrade OS pada BB anda ataupun mendownload aplikasi Android anda pada versi terbaru, yang tentunya gratis. Sekali lagi selamat menikmati fitur Facebook terbaru, dan mungkin sedikit tambahan dari penulis, …… saatnya kita mulai kembali lagi ke dunia nyata, kita hanya terpaku pada layar untuk bisa melakukan hal yang sangat sepele, berkomunikasi. terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar