Minggu, 18 Juli 2010

Android OS Next G, Virtualisasi

                Android, OS buatan vendor Google, ini memang kalau boleh dikatakan tidak begitu jauh dengan kakak nya yang terlebih dahulu yaitu Chrome OS. Memang sich, buatannya berbeda, karena yang satu khusus notebook (chrome os), dan yang satunya untuk mobile OS (saingan untuk Symbian). Android, Os buatan Google yang diperuntukkan untuk mobile device ini, memang kalau dilihat tidak jauh dengan membuka browser Google, mungkin karena Google sebagai pembuatnya, jadi ya harus ada Google nya dong.
              Boleh di bilang OS ini merupakan langkah pertama buat Google untuk merambah mobile device, setelah Google Chrome OS untuk Notebook, namun dari yang sudah - sudah, tetap saja, Google mengandalkan koneksi kita dengan jaringan internet, agar bisa surfing dan membuka diri di lingkungan On Line.
                Sebenarnya saya ingin sekali membuat postingan yang lengkap dan akurat mengenai OS Android ini, namun sekali lagi membutuhkan waktu yang cukup lama, dan usaha yang keras agar postingan ini tidak asal Copas, jadinya.... saya hanya akan membuat sedikit Virtualisasi : kata mang Onno sich.... untuk bisa melihat sedikit dari apa yang bisa anda ketahui tentang OS Android ini. 
                 Untuk membuat virtualisasi anda harus mempunyai : 
1. VMWare dari Oracle (sebenarnya banyak sekali aplikasi virtualisasi) namun untuk mempersingkat waktu dan lebih mudahnya saya hanya akan membuat dengan VMWarenya Oracle saja. 
Untuk membuat virtualisasi klik link berikut..  INI
ikuti saja alur downloadnya, untuk bisa menikmati VM Ware. 
2. Setelah di Install, anda juga membutuhkan OS Androidnya .. DISINI
3. Jalankan VmWarenya, lalu pilih New Machine, 
4. Masukkan Nama Android OS, dan dengan OS Another kemudian dengan version Another juga. 
5. Pilih Next kemudian pilih next lagi, lalu muncul window membuat hard disk baru. 

6. Setelah anda pilih Next , pilihlah menu Dynamic Expand Storage, yang selanjutnya akan membuka window Memory, ketikkan nama Harddisk Virtual anda kemudian pilih setting, sekitar 1 Gb saja. 
7. Klik Finish. 


            Setelah itu anda perlu melakukan hal - hal dibawah ini, guna untuk menjalankan settingan yang telah anda lakukan di VM Ware baru. 
1. Setelah menu awal terbuka dengan highlight tepat di Harddisk virtual baru anda, kemudian anda pilih menu setting. 
2. Setelah itu anda akan di hadapkan ke menu 
3. Kemudian anda pilih storage, dan kemudian anda pilih sebelah kanan ada kotak menu Storage IDE Controller, lalu anda klik tanda "+" pada icon berbentuk CD / disc. 
4. Kemudian anda highlight 'empty disc' lalu geser ke sebelah kiri ada menu CD/DVD Device dengan keterangan empty. Kemudian anda klik icon folder, 
5. Setelah itu sistem akan otomatis menginput ISO file anda atau jika tidak
6. Anda tinggal memasukkan folder dimana ISO Android OS yang telah anda download sebelumnya.
7. Selesai. 

              Kembali ke menu utama, dan anda tinggal klik menu RUN atau Jalankan, dan tunggu beberapa saat untuk sistem loading.. dan anda telah mendapatkan VM Machine berjalan dan pilih menu display sesuai dengan setting monitor anda. Dan anda akan mendapatkan Virtualisasi dari Android OS yang saat ini menjadi tandingan untuk iPad dengan OS iOS . 
Jalankan sesuai dengan petunjuk, klik OK terus saja. Dan ANDROID OS telah berjalan di windows anda.......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar