Senin, 30 November 2009

Green In the Office

Go Green" Bisa Dimulai dari Hal-hal Kecil







tpgimages



Bawa alat makan yang dapat didaur ulang atau alat makan milik pribadi.







Perubahan cuaca yang drastis dan tak menentu yang dipicu oleh adanya pemanasan global semakin dirasakan tahun-tahun belakangan ini. Rusaknya lapisan ozon telah menyebabkan meningkatnya suhu panas dari sinar matahari hingga melelehkan lapisan dari gunung-gunung es, dan mengakibatkan cuaca buruk terjadi dimana-mana.



Masyarakat dunia lalu berlomba meneriakkan kampanye “Go Green”. Mengajak semua umat manusia untuk peduli akan nasib bumi tercinta ini. Namun apa yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan permasalahan bumi yang sudah begitu parah ini?



Tenang. Anda bisa berpartisipasi dalam lingkup yang paling kecil dulu. Salah satunya, ya di tempat kerja. Mulailah dari diri sendiri. Dari kubikel (meja kerja) Anda sendiri. Simak saja hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mendukung menyelamatkan planet bumi ini!



Hemat Kertas

Dalam urusan kerja, penggunaan kertas tampaknya tak dapat dipisahkan dari kebutuhan sehari-hari. Misalnya untuk membuat laporan kepada atasan, mempersiapkan materi pertemuan dan rapat mingguan di kantor. Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan secara individual adalah memiliki terlebih dahulu kesadaran untuk berhemat menggunakan kertas. Bila tidak perlu mencetaknya di atas kertas, lebih baik tidak usah. Gunakan saja kertas bekas yang sudah tak terpakai lagi untuk Anda gunakan.



Usahakan agar Anda mempersiapkan terlebih dahulu materi presentasi yang Anda perlukan sebagai draft agar tak perlu mengulang kesalahan yang mengakibatkan terbuangnya kertas secara percuma. Pilah dulu pekerjaan apa saja yang memerlukan kertas dan yang tidak.



Bawa dan Gunakan Alat Makan Sendiri

Bila di kantor tersedia gelas-gelas plastik, piring plastik, atau sendok-sendok plastik untuk digunakan sebagai peralatan makan-minum saat makan siang, mulailah untuk tidak menggunakannya lagi. Hilangkan kebiasaan menggunakan barang-barang plastik sekali pakai tadi.



Mulai saat ini, bawalah tempat makan, gelas atau mug, dan sendok-garpu sendiri dari rumah. Gunakan peralatan makan yang dapat dicuci dan digunakan kembali. Cara ini sudah membuat Anda membantu menyelamatkan bumi dari kerusakan, dengan tidak lagi menggunakan peralatan berbahan plastik.



Hemat Penggunaan Air

Apakah Anda termasuk tipe orang yang cuek akan penggunaan air? Nah, kini saatnya mengubah kebiasaan buruk ini. Mungkin masih banyak di antara rekan sekantor Anda yang tak ambil pusing ketika menggunakan kran air di pantry kantor atau toilet. Coba perhatikan, mungkin Anda pernah menemukan kran air tak tertutup rapat, sehingga air masih menetes terus menerus.



Demikian juga halnya di toilet. Ketika selesai menggunakan toilet, cukup mengguyur toilet sekali saja. Gunakan tombol flush kecil jika Anda buang air kecil, dan tombol besar untuk buang air besar. Tutup keran dengan rapat, sehingga tak ada air yang terbuang sia-sia lagi. Bersikaplah peduli ketika menggunakan toilet sehingga kran tak lekas rusak. Bila Anda menemui kran air yang memang telah rusak, di mana nantinya hanya akan membuang-buang air, segeralah beritahu manajemen gedung tempat Anda bekerja agar segera diperbaiki.



Saving Your Computer Energy

Anjuran pemerintah melalui iklan layanan masyarakat untuk mematikan lampu jika tak digunakan, sepertinya ada yang terlewat. Yakni mematikan komputer atau alat elektronik lainnya bila tak digunakan. Untuk komputer, setting-lah ke status “sleep” agar dapat menghemat penggunaan listrik komputer ataupun laptop hingga 70 persen. Jangan lupa, jika sedang tak diperlukan, sebaiknya tak perlu menggunakan screen saver di layar komputer Anda, karena screen saver justru menyebabkan pemborosan energi.



Jika hendak meninggalkan kantor untuk makan siang, sebuah pertemuan, atau rapat yang memerlukan waktu lama di luar kantor, ada baiknya matikan saja komputer Anda.



Cintai Tanaman

Tanaman memiliki kemampuan untuk menyerap polusi udara dan membantu menghasilkan oksigen yang segar yang diperlukan oleh kehidupan di dunia ini. Oleh karenanya, paling tidak milikilah satu pot kecil tanaman yang bisa Anda taruh di dalam kubikel Anda sedari sekarang. Walaupun Anda bekerja di dalam ruangan ber-AC, polusi tetap terjadi. Tanaman kecil di sudut meja dapat menyerap polusi jahat yang bertebaran di sekitar lingkungan tempat bekerja.



Jadilah Pionir Go Green

Setelah Anda berhasil melakukan beberapa tindakan kecil yang bermanfaat besar dalam berpartisipasi mencegah perluasan pemanasan global, jadilah inspirator di lingkungan kerja Anda. Beri masukan-masukan kepada divisi yang mengatur pembelian alat-alat keperluan kerja agar mereka

mulai menggunakan alat-alat penunjang kerja yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.



Bila seluruh isi kantor Anda termotivasi melakukan aksi go green yang sama dengan Anda, dapat dibayangkan, bukan, sedikit dari masyarakat dunia yang diwakili oleh semangat Anda sudah turut serta menyelamatkan planet bumi dari kehancuran akibat pemanasan global. Ambil langkah dan tunjukkan sikap peduli kepada lingkungan mulai dari sekarang, dan jangan tunggu lagi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar